Akhir Dari Kapal Yamato Jepang Dalam Perang Dunia 2

Akhir dari Kapal Yamato yang di hantam Bom dan torpedo dari 386 pesawat

Pada tahun 1940 Yamato keluar dari sarang dan siap bertugas di medan laga. Pada tahun 1945 saat Yamato ditugaskan sebagai benteng pertahanan terakhir Jepang di laut, dan meriamnya pun ditambah: 162 meriam kaliber 25 mm AA, 24 meriam kaliber 12,7 cm, 4 meriam kaliber 13 mm AA, dan 7 buah alat pelontar pesawat.

Yamato yang sempat menjadi flagshipAdmiral (Laksamana) Yamamoto, pernah terlibat pertempuran di Midway, Battle of Philipina Sea, Battle of Leyte Gulf dan Battle of Samar.

Kehebatan Yamato yang dilukiskan oleh AL Jepang sebagai kapal perang yang tidak mungkin ditenggelamkan itu makin dahsyat lagi ketika Yamato dilengkapi radar pencari pesawat dan kapal musuh. Kehebatan Yamato memang terbukti, sejumlah bom dan torpedo yang menghantam badannya hanya menimbulkan kerusakan ringan.

Pertempuran terakhir yang dialami Yamato adalah ketika berusaha mepertahankan kepulauan Okinawa pada akhir 1945 di pengujung Perang Dunia II. Namun, angkatan laut AS yang berhasil mengendus keberadaannya segera melakukan pencegatan ketika Yamato berlayar sekitar 200 km dari Okinawa.

Sebanyak 386 pesawat pengebom dan peluncur torpedo dikerahkan untuk menghancurkan Yamato. Jumlah pesawat untuk menghajar Yamato sengaja dikerahkan oleh AS dan sekutunya dalam jumlah ratusan karena saat itu Yamato harus bisa ditenggelamkan.

Pasalnya jika Yamato tidak tenggelam, ia akan menjadi penghalang besar bagi serbuan pasukan Sekutu ke Okinawa.

Setelah dihantam tepat sebanyak 8 bom dan 10 torpedo, Ledakan bom menyebabkan kerusakan menyeluruh pada bagian atas kapal, termasuk mematikan listrik ke sistem pengarah senjata otomatis. Akibatnya, masing-masing senjata antipesawat harus diarahkan dan ditembakkan secara manual hingga mengurangi keefektifan dalam mengenai sasaran. Yamato yang diyakini Jepang tidak mungkin karam itu akhirnya tenggelam bersama seluruh awaknya.

Pertempuran ini mempertunjukkan supremasi udara Amerika Serikat dalam tahap terakhir Perang Pasifik, dan betapa mudahnya kapal-kapal dijadikan sasaran serangan udara bila tidak dilindungi pesawat-pesawat tempur.

Akibat tenggelamnya Yamato, sebanyak 2.475 awaknya tewas. Tapi 269 awak lainnya berhasil menyelamatkan diri ke kapal destroyer Jepang yang bertugas mengawal Yamato.




Sc : https://intisari.grid.id/amp/0396713/heroiknya-yamato-kapal-perang-andalan-jepang-pada-perang-dunia-ii-yang-akhirnya-tenggelam-setelah-digempur-386-pesawat-tempur?page=all
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Operasi_Ten-Go

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kesalahan Strategis Jepang dalam Pertempuran Midway

Ini Bukti Baru Bekas Kota Atlantis Ada di Laut Jawa (PULAU BAWEAN)